Merawat Warisan Ibnu Khaldun: Membangun Pendidikan Islam yang Responsif terhadap Perubahan Zaman
DOI:
https://doi.org/10.54604/tdb.v14i1.445Keywords:
Ibnu Khaldun, Pendidikan Islam, Revolusi Industri 5.0Abstract
Penelitian ini berangkat dari tantangan yang saat ini dihadapi oleh pendidikan Islam di Indonesia, seperti meningkatnya tingkat kejahatan, dekadensi moral, dan krisis ketenangan jiwa di kalangan masyarakat yang telah lama menempuh pendidikan formal. Kondisi ini menimbulkan anggapan bahwa pendidikan Islam masih belum mampu mewujudkan tujuan pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini mencoba menemukan konsep pendidikan Islam yang relevan dengan pendidikan kontemporer melalui pemikiran Ibn Khaldun. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemikiran Ibn Khaldun tentang pendidikan, kurikulum, dan metode pengajaran memberikan wawasan berharga bagi pengembangan pendidikan Islam di era 5.0. Ia menekankan bahwa tujuan utama pendidikan adalah membentuk individu dengan nilai-nilai keagamaan yang kuat, integritas moral, keterampilan sosial, dan kapasitas intelektual yang memadai. Kurikulum harus mampu menyeimbangkan antara ilmu agama dan ilmu rasional untuk memenuhi kebutuhan duniawi dan ukhrawi. Selain itu, metode pengajaran yang adaptif, yang mempertimbangkan materi dan karakteristik peserta didik, sangat penting untuk menciptakan pendidikan yang efektif. Prinsip-prinsip ini sangat relevan untuk mengintegrasikan teknologi modern dan pengetahuan ke dalam pendidikan Islam di Indonesia, dengan tujuan menghasilkan individu yang cerdas secara intelektual dan kuat secara moral, siap menghadapi perubahan global dengan landasan iman yang kokoh.
References
Abdurrahman Kasdi. (2014). Pemikiran Ibnu Khaldun Dalam Perspektif Sosiologi dan Filsafat Sejarah. Fikrah, 2(1), 293.
Amrozi, S. R. (2020). Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia; Perspektif Sejarah Kritis Ibnu Kholdun. Kuttab, 4(1). https://doi.org/10.30736/ktb.v4i1.105
Ansari, A. (2022). SUPERVISION OF EDUCATION IN THE QUR ’ AN PERSPECTIVE. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume, 8, 159–168.
Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317–329.
Fauziyah, N. L. (2022). Efektivitas Metode Yahqi dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dan Hadis di TK dan SD Islamic Homeschooling Ngasem Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4429–4441.
Fitriana, D. (2020). Hakikat Dasar Pendidikan Islam. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 143–150. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i2.1322
Hamdi, M. R., Harti, Y., & Yanti, Y. (2021). Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun 1332M. Kutubkhanah, 20(2), 121. https://doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i2.13347
Hamzah, S., & Nisa, A. K. (2024). Metode Sejarah dalam Perspektif Ibnu Khaldun (Telaah Kitab Mukaddimah). CARITA: Jurnal Sejarah Dan Budaya, 2(1), 33–43. https://doi.org/10.35905/carita.v2i1.5301
Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Iqra’, 8(1), 68–73.
Iqbal, M. M. (2015). Diskursus Gender Dalam Pendidikan Islam. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 15(1), 99–119. http://103.88.229.8/index.php/analisis/article/view/715
Kamaruddin. (2015). Pemikiran Politik Ibnu Khaldun Dan Pembentukan Teori Sosiologi Politik. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama, Vol. 16 No, 66–80.
Kurniawan, R., Khaldun, P. I., Filsafat, T., Islam, P., Riswan, R., Azis, S. A., Herdi, H., Yurna, Y., & Penulis, K. (2023). Institut Madani Nusantara Alamat ;Cikondang, Kec Citamiang, Kota sukabumi jawa barat. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat (JURRAFI), 2(2), 65–77. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v2i2.1530
Mannan, A., & Atiqullah, A. (2023). Kontribusi Pemikiran Ibnu Khaldun Terhadap Kontruksi Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 699–715. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4775
Masang, A. (2021). Hakikat Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(1), 14–31.
Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). PRINSIP-PRINSIP DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 42–55.
Rahmah, E. N. (2019). Konsep Metode Pembelajaran Perspektif Ibnu Khaldȗn Serta Relevansinya Dengan Pendidikan Masa Kini. Alim | Journal of Islamic Education, 1(1), 91–118. https://doi.org/10.51275/alim.v1i1.121
Suwarno. (2020). Studi Agama Islam Melalui Pendekatan Interdisipliner. E-Jurnal.Unisda.Ac.Id, 2(3), 22–2012. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/2178
Suwarno. (2023). Shari’ah Tourism Islamic Boarding School Model (Case Study of Salafiah Biharu Bahri Asali Fadlailir Rahmah Islamic Boarding School Malang). Jurnal As-Salam, 7(1), 72–84. https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/431
Suwarno, S. (2016). Pendekatan Kebijakan Publik dalam Politik Pendidikan Islam. Jurnal As-Salam, 1(1), 62–72. http://www.jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/45
Suwarno, S., Dini, A., Yani, M., Yana, S. N., & Susilawati, S. (2022). Pembelajaran Aqidah Akhlak Mengunakan Metode Bernyanyi Untuk Membantu Daya Ingat Siswa Kelas Iii Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 1 Aceh Tengah. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 124–139. https://doi.org/10.52166/talim.v5i2.3108
Sya’rani, M. (2021). Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Ibnu Khaldun. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 6(1), 68–76. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i1.402
Yayat Hidayat. (2019). Pendidikan dalam perspektif Ibnu Khaldun. Jurnal Pendidikan Islam AL-ILMI, 2:(1), 11–22. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i1.261
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ta'dib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


