Analisis Minat Belajar Siswa Berbantuan Geogebra Pada Materi Garis Singgung Persekutuan Lingkaran di SMP Negeri 3 Binjai

Authors

  • Siti Suaibah Nasution UIN Sumatera Utara
  • Lilis Saputri STKIP Budi Daya Binjai
  • Hilliyani IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v14i1.443

Keywords:

Minat Belajar, Garis Singgung Persekutuan Lingkaran, Geogebra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara khusus yaitu; (a) Minat belajar siswa dalam menggunakan Geogebra pada materi garis singgung persekutuan lingkaran dan (b) Efektivitas pembelajaran matematika siswa dalam menggunakan Geogebra pada materi garis singgung persekutuan lingkaran. Metode dalam penelitian ini yang digunakan adalah pendekakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah keseluruhan siswa kelas VIII pada SMP Negeri 3 Binjai. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII-1 yang terdiri dari 22 orang siswa pada SMP Negeri 3 Binjai. Instrumen non tes yang digunakan ialah kuisioner (angket). Hasil analisis dalam penelitian ini adalah; (a) Adanya minat belajar siswa dalam penggunaan Geogebra pada materi garis singgung persekutuan lingkaran dilihat dari rekapitulasi penilaian angket diperoleh nilai rata-rata persentase tertinggi yaitu sebesar 51,37% pada skala kategori “Setuju” dan (b) Adanya efektivitas pembelajaran matematika siswa dalam penggunaan Geogebra pada materi garis singgung persekutuan lingkaran dilihat dari perolehan nilai rata-rata persentase tertinggi dari salah satu penyataan pada indikator yaitu sebesar 90,9% pada skala kategori “Setuju”. Hal ini menunjukkan bahwa: (a) terdapat minat belajar siswa pada materi garis singgung persekutuan lingkaran menggunakan Geogebra di SMP Negeri 3 Binja, dan (b) terdapat keefektivan menggunakan Geogebra pada kegiatan pembelajaran matematika.

References

Aditama, F., & Rosyidi, A. H. (2018). Efektivitas Pembelajaran Induktif Berbantuan Geogebra Pada Materi Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Surabaya. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 69-78.

Alkulub, A. I. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Permainan Gatrik Pada Materi Operasi Hitung Campuran Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 5(2), 1-9.

Amalia, S.R., Purwaningsih, D., Widodo, A.N.A., & Fasha, E.F. (2020). Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Dan Model Realistic Mathematics Education Terhadap Representasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Elemen, 6(2), 157-166.

Aminah, N., Waluya, S.B., & Rochmad. 2020. Integrasi Teknologi Dalam Pengajaran Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1).87-100.

Anggraeni, S.T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. JRPD : Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 25-37.

Ardiningtyas,M., Harahap, T,H., & Panggabean, E.M. (2023). Penerapan Teori Piaget Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 66-71.

Ariyanti, S. N., Hamidah, N., Nurvela, R., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra. Journal On Education, 1(3), 575-581.

Ayu, S., Ardianti, S.D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611-1622.

Cengiz, Ö., Ҫakir, H. (2016). Developing Pedagogical Practices in Turkey Classrooms. Creative Education, 7(3), 506-509.

Darmayanti, R., Utomo, D.P., Choirudin, Usmiyatun. (2023). E-Module Guided Discovery Learning Model in The HOTS Based Independent Learning Curriculum. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1-10.

Ernawati, et all. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika. Piddie Aceh : Yayasan Penerbit Muhmmad Zaini.

Ernest, P. (2004). The Philosophy of Mathematics Education. Francis : Routledge Falmer

Hilliyani & Khuzaini, N. (2023). The Influence of Creative Problem Solving Learning Model Supported With Real Object Media On The Ability To Solve Problems Related To Simple Solvings In Third Grade Students At Min 1 Aceh Tengah. Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 103-107.

Irwanti, F., & Widodo, S. A. (2018). Efektivitas STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 1(2), 927-935.

Isma, An., Isma, Ad., Isma, As.,& Isma, Ar. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. JUPITER : Jurnal Pendidikan Terapan, 1(3), 11-28.

Jabnabillah, F., & Fahlevi, M.R. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Geogebra Pada Pembelajaran Matematika. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 983-990.

Lilis, S., Hasratuddin, Syahputra, E. (2017). Peningkatan Kemampuan Spasial Dan Self Efficacy Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Geometri Berbantuan Wingeom. Jurnal PARADIKMA, 10(3), 1-13.

Loc, N.P., Oanh, N.P.P., Thao, N.P., De, T.V., & Triet, L.V.M. (2022). Activity theory as a Framework for Teaching Mathematics : An Experimental Study. Heliyon, 8, 2-11.

Mardiati dkk. (2021). Perbedaan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Swasta Taman Siswa Binjai Dengan Pembelajaran Daring Dan Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6196-6202.

Marlina, Emas. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104-110.

Ndraha, I.S., Mendrofa, R.N., & Lase, R.E. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. EDUCATIVO : Jurnal Pendidikan, 1(2), 672-681.

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa, Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48-64.

Nurjanah, I., & Alyani, F. (2021). Kecemasan Matematika Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Matematika dalam Jaringan. Jurnal Elemen, 7(2), 407-424.

Rafiqoh, S. (2020). Arah Kecenderungan dan Isu dalam Pembelajaran Matematika sesuai Pembelajaran Abad 21 untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Math Education Nusantara,

Rahmawati, N.S., Bungsu, T.K., Islamiah, I.D., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Ma Al Mubarok Melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan aplikasi Geogebra pada Materi Statistik Dasar. Journal on Education, 1(3), 386-395.

Sari, F. R. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Di SMK Multi Mekanik Masmur. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 1-97.

Sari, R.K. (2019) Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama Dan Solusi Alternatifnya. Prismatika : Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 23-31

Siregar, Nur Rahmadani. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII Di SMP Swasta Nurul Hasanah Tembung T.A 2020/2021. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1-151.

Sulistyawati, W., Wahyuni., & Trinuryono, S. (2022). Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19. Kadikma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 68-73.

Sumarni, Riyadi, M., Adiastuty, N., & Syafari, R. (2022). Penggunaan Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika, Jawa Barat : IKAPI.

Tasa, J.L. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Melalui Model Blended Learning Berbasis Budaya Melayu Sambas Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 17-30.

Wasiran, Y., Maja, I., & Husein F. (2019). Pkm Bagi Guru SMP Yang Mengalami Kesulitan Menggunakan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika, Aptekmas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 13-19.

Downloads

Published

2024-03-10

How to Cite

Nasution, S. S., Saputri, L. ., & Hilliyani. (2024). Analisis Minat Belajar Siswa Berbantuan Geogebra Pada Materi Garis Singgung Persekutuan Lingkaran di SMP Negeri 3 Binjai. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 14(1), 25–30. https://doi.org/10.54604/tdb.v14i1.443

Issue

Section

Articles