Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD

Authors

  • Novi Tari Simbolon Universitas Quality Berastagi
  • Eti Muliani Universitas Quality Berastagi
  • Indah Simamora Universitas Quality Berastagi
  • Atania Rosbina Depari Universitas Quality Berastagi

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v14i1.439

Keywords:

Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, , Kemampuan Pemecahan Masalah, Siswa SD

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di Kelas V SDN 040444 Kabanjahe menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika tidak meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan sikap ilmiah mereka. Dengan data ini, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan di Kelas V SDN 040444 Kabanjahe dan meneliti dampak pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa Kelas V. Design quasi-experimental untuk penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol yang tidak setara. Dalam penelitian ini, teknik purposive sampling digunakan untuk mengambil sampel siswa dari kelas V.A (kelas Kontrol) dan V.B (kelas Eksperimen). Metode observasi dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen 47, dengan standar deviasi 20,79, dan untuk kelas kontrol, nilai rata-rata pretes untuk kelas ini adalah 30, dengan standar deviasi 10,21. Uji normalitas dan homogenitas telah menyimpulkan bahwa data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Kemampuan awal kedua kelas adalah setara, menurut hasil statistik yang signifikan. Setelah itu, kelas eksperimen diperlakukan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kelas kontrol diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Setelah kelas selesai, ujian dilakukan. Nilai eksperimen rata-rata 98, dengan standar deviasi 6,15, dan nilai kontrol rata-rata 58,33, dengan standar deviasi 20,35. Kemampuan pemecahan masalah kelas V SDN 040444 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/2024 terpengaruh secara signifikan oleh model pembelajaran berbasis masalah. Kesimpulan ini dapat dicapai melalui pengujian statistik dengan uji-t satu pihak.

References

Aperilia Agnes. 2020. Unnes.Https://Lib.Unnes.Ac.Id

Arifin Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rodakaya

Bobo.Grip.Id.5 Contoh Perpindahan Panas Secara Konduksi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Materi Kelas 5 Sd.2023. Fransiska Viola Gina. 29 Februari 2024

Detik.Com.Apa Itu Pemuaian Ini Pengertia Jenis,Dan Contoh, Penerapan.2023. Ayu Rosali. 29 Februari 2024

Dewi Wahyuning, Kartika. 2023. Pengaruh Model Problem Basd Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pesertadidik Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi

Kamal N. 2021. PerubahanWujut Benda, Pengertian, Jenis dan Contohnya.

Puput Handayani. 2021. Pengaruh Model Problem Baset Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhudan Kalor. Skripsi

S.Rositawaty, Aris Muharam. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta Pusat: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Syamsidah, Hamiduh dan Suryani. 2020. Buku Model Problem Beads Learning (PBL). Yogyakarta: Budi Utama.

Tiara Pertiwi. 2021. Magelearning. Id. Materi Ipa Kelas 5 Tema 6 Sub Tema 2 Perpindahan Kalor Di Sekitar kita.

Verena, Aprilia Angnes. 2017. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Tema Kalor Dan Perpindahannya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalahdan Sikap Ilmiah SMP. Skripsi

Zulfahubaidillah. 2017. Pengaruh Model Problem Basd Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Simbolon, N. T., Muliani, E. ., Simamora, I. ., & Depari, A. R. . (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 14(1), 15–24. https://doi.org/10.54604/tdb.v14i1.439

Issue

Section

Articles