Perbedaan Minat Belajar Siswa Laki-Laki dan Perempuan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI MIS Atu Lintang
DOI:
https://doi.org/10.54604/tdb.v13i1.370Keywords:
Minat Belajar, Laki-laki, Perempuan, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan utuk menguji ada tidaknya perbedaan minat belajar siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran matematika di MIS Atu Lintang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif.Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu jenis komparasi dimana Penelitian ini akan menemukan persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan tentang benda-benda, tentang orang-orang, tentang prosedur kerja, tentang ide-ide, kritik, terhadap kelompok. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2022 sampai dengan Februari 2023. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MIS Atu Lintang. Sampel terdiri dari 21 siswa, sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data pada penilitian ini dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji ANOVA Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil pengujian hipotesis diperoleh dalam penelitian dan analisis data dapat diketahui tidak terdapat perbedaan pada mata pelajaran matematika di MIS Atu Lintang yang ditunjukkan bahwa nilai signifikansi antara siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki tingkat signifikansi (sig.) yang sama. Nilai signifikansi yang dimiliki lebih besar dari 0,05 yaitu 0,617 > 0,05. Berdasarkan pengambilan keputusannya adalah jika nilai signifikansi lebih dari 0,05 maka ???????? diterima dan ???????? ditolak maka artinya Tidak ada perbedaan minat belajar antara siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran matematika di MIS Atu Lintang.
References
Mudyahardjo redja & N. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya Dan Pendidikan Di Indonesia. J Pekerj Sos. 2001;3 no 1.
Dharma S. Penulisan LKS. Jakarta: Ditjen PMPTK Depdiknas; 2008.
Nasution S. Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru,(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000), Cet. 5, hlm. 1. 2 Masnur Muslich, KTSP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,(Jakarta: Bumi Aksara, 2008), hlm. 48. Walisongo. 2014;
Suratmi A, Damanik IH, Yani C, Novela E, Khairani M. Pemberdayaan Perempuan Melalui Media Sosial Guna Mendorong Perekonomian Keluarga. J Millenn Community. 2022;4(1).
Tanzeh A. Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip, dan Operasionalnya. Akademia Pustaka. 2018.
Sugiyono, Sugiono. Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.
Lina Miftahul Jannah & Bambang Prasetyo. Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi dan Penulis. Materi Pokok Metode Penelitian Kuantitatif. 2014.
Kadir. Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel. Jakarta: Raja Grafindo Persada; 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ta'dib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


