DAMPAK SHALAT DHUHA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs AL ISLAM TEGAL REJO KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI

Authors

  • Jainal Abidin STAI Ma'arif Magetan
  • Ardian Al Hidaya STAI Madiun
  • Sultan Wahid Wicaksono STAI Ma'arif Magetan

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v13i2.363

Keywords:

Dampak Shalat Dhuha, Prestasi Belajar

Abstract

Sekolah memiliki tanggung jawab untuk mendidik generasi masa depan dengan memberikan pendidikan yang tidak hanya mencakup aspek akademis, tetapi juga mengedepankan pembentukan akhlak yang mulia. Sekolah bertugas untuk mengarahkan siswanya agar menjauhi segala bentuk kejahatan dan kehinaan, serta memastikan bahwa nilai-nilai norma dan akhlak yang baik tertanam dalam jiwa mereka. Selain itu, penting untuk mendalami nilai-nilai norma dan akhlak ke dalam kepribadian siswa agar mereka menjadi individu yang berkualitas dan bermoral, yang selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-NYA. MTs Al-Islam Tegalrejo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengadakan kegiatan shalat dhuha secara berjama'ah. Pelaksanaan shalat dhuha dilaksanakan sejak pukul 09.00-09.30. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak shalat dhuha terhadap prestasi siswa di kelas VIII MTs Al Islam Tegalrejo Kecamatan Gerih Kab Ngawi Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan dampak shalat dhuha terhadap siswa kelas VIII di MTs Al Islam Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2023/2024 tergolong cukup baik. Prestasi belajar PAI siswa kelas VIII tergolong cukup baik. Pengaruh shalat dhuha terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VIII sebesar 37%, sedangkan 63% dipengaruhi oleh faktor lainnya misalnya faktor lingkungan sekolah maupun keluarga, serta faktor pendekatan belajar.

References

Rahmat H. Ilmu Pendidikan Islam. Medan: Lembaga Pedli Pengembangkan Pendidikan Indonesia; 2016.

Alim ZZ. The Power of Salat dhuha. Jakarta: Quantum Media; 2008.

Muchtar HJ. Fiqih Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2005.

Arimbi NAW, Minsih M. Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2022;6(6).

Susanto H, Setiaji A, Sulastri N. Strategi Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Upaya Membentuk Kepedulian Sosial Siswa. Edumaspul J Pendidik. 2022;6(1).

Abdullah BAHAA. Sholat, Definisi, Anjuran, dan Ancamannya. islamhouse.com; 2011.

SABIQ S. FIKIH SUNNAH. Jakarta: CAKRAWALA; 2008.

Rifa’i M. Fiqih Islam Lengkap. Semarang: Toha Putra; 2014.

Suyadi. Menjadi Kaya dengan Shalat Dhuha. Yogyakarta: Mitra Pustaka; 2008.

Shofia A. Amalan Shalat Sunnah & Keutamaannya. Surakarta: Karya Agung; 2003.

Darajat Z. Shalat (Menjadikan Hidup Bermakna). Jakarta: Ruhama; 1996.

Al-Qazwainy AAM bin Y. Sunan Ibnu Majah, Juz 1. Beirut: Dar el Fikr;

Al-Hajjaj A-IAA-H ibn. Shahih Muslim, Juz 1. Lebanon: Daar Al-Kutub Al-Ilmiah; 2012.

Rusyda IR& B. Tahajud dan Dhuha (Jalan Pecinta Allah Meraih Kesuksesan dan Kemuliaan Sepanjang Masa). Yogyakarta: Citra Media; 2011.

Maskub M. Tuntunan Shalat Wajib dan Sunat ’Ala Aswaja. Yogyakarta: Pustaka Baru; 2016.

Syafiq MU. Efektivitas Pembiasaan Shalat Dhuha dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. UIN Sunan Ampel; 2017.

Al-Mahfani MK. Fakta & keajaiban Salat Subuh. Jakarta Selatan: WahyuQolbu. 2013;

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Jainal Abidin, Ardian Al Hidaya, & Sultan Wahid Wicaksono. (2023). DAMPAK SHALAT DHUHA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs AL ISLAM TEGAL REJO KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 13(2), 41–46. https://doi.org/10.54604/tdb.v13i2.363