Makna Pendidikan Melalui Konsep Ta’lim dalam Al-qur’an
DOI:
https://doi.org/10.54604/tdb.v13i1.354Keywords:
KONSEP TA’LIMAbstract
Ulama sepakat bahwa ilmu Tafsir Alquran adalah disiplin ilmu tertua dalam khazanah ilmu pengetahuan Islam. Ilmu yang lahir sejak zaman Rasulullah Saw dan terus berkembang sampai sekarang. Kelahiran ilmu ini tentu tidak lepas dari kebutuhan untuk memahami maksud ayat-ayat Allah yang tertulis dalam kitab-Nya. Bahasa Alquran yang memiliki mutu dan kualitas sangat tinggi, tak ada manusia bahkan jin yang mampu menandinginya, memerlukan pemahaman- pemahaman yang mendalam agar manusia sebagai khalifah-Nya di muka bumi tidak tersesat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang konsep ta'lim dalam Al-Qur'an. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang konsep ta'lim dalam Al-Qur'an. Metode analisis teks dan pendekatan interpretatif digunakan untuk menggali makna-makna yang tersembunyi dalam ayat-ayat Al-Qur'an. Banyaknya ayat-ayat yang membedah terminologi pendidikan sebagai ta’lim. Sehingga memberikan kewenangan kepada setiap Muslim yang untuk senantiasa mengkaji, merenung, dan mengamalkan makna-maknanya. Berbicara khusus mengenai pendidikan dalam terminologinya sebagai ta’lim. Perlu kiranya lembaga-lembaga pendidikan Islam mengembangkan sebuah sistem atau metode pendidikan yang sesuai dengan nafas Islam, berdasarkan kepada Alquran dan As- Sunnah. Insya Allah, jika dua pusaka itu kita pegang-teguh dalam usaha melahirkan generasi unggulan, pertolongan dan janji-Nya yang membaiat kita sebagai ummat terbaik di antara manusia akan betul-betul terealisasi di masa depan.
References
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2019.
Mohammad Rindu Fajar Islamy, Aam Abdussalam, Nurti Budiyanti, Muhamad Parhan. Conceptual Reformulation of Ta’lim as a Paradigm of Islamic Education Learning in Building Educational Interactions throught Rahmaniyyah Principles. J al-Fath. 2021;15(1).
Rusli T, Prastowo A. Imam Al-Ghazali : Implementasi Ta’lim Insani dan Ta’lim Rabbani di PPTQ Mutiara Insan Mulia Yogyakarta. Tarbiyatuna J Pendidik Islam. 2023;16(1).
Lailatul Maskhuroh. Ta’lim Dalam Al-Quran (Kajian Tafsir Tematik Dalam Al-Quran). Irsyaduna J Stud Kemahasiswaan. 2021;1(3).
Rasyid R. Tafsír al-Manâr. Jilid 1. Kairo: Dar Al-Fikr; 262 p.
Jalal AF. Min Al-Ushul Al Tarbawiyah. Kairo: Markaz Dauly li at Ta’lim al’Wadhifi al-Kubar fi al-Ilm al-Araby; 1977. 26 p.
Al-Attas MN. The concept of education in Islam. Muslim Youth Movement of Malaysia Kuala Lumpur; 1980.
Al-Abrasyi M ’Athiyah. Ruh al-Tarbiyah wa al-Ta’lim. Saudi Arabiah: Dar Al-Ahya; 7 p.
Abd Mujib M. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Bandung: Trigenda Karya. 1993;
Shihab MQ. Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an, cet. Jakarta Lentera Hati. 2007;
Jalaluddin H. Teologi pendidikan. PT RajaGrafindo Persada; 2001.
Shihab U. Kontekstualisasi al Quran Kajian Tematik atas Ayat-ayat Hukum dan Al Quran. Jakarta: Paramadina. 2005;35.
Al-Jazairy AB. Aysar at-Tafaasiir. Beirut: Al-Maktaba al-Assrya; 2008. 44–45 p.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ta'dib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


