ANALISIS SANTRI BERPRESTASI DI PONDOK PESANTREN TERPADU RAUDHATUL JANNAH KOTA SUBULUSSALAM MENURUT GAYA BELAJARNYA

Authors

  • Amrullah Pondok Pesantren Terpadu Raudhatul Jannah

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v13i1.352

Keywords:

Gaya Belajar Santri, Pondok Pesantren, Prestasi.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang gaya belajar santri berprestasi di Pondok Pesantren terpadu Raudhatul Jannah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gaya belajar santri berprestassi; untuk mengetahui bagaimana santri mengatasi waktu yang kurang efektif untuk belajar; untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung proses pembelajaran santri berprestasi di pondok Pesantren Terpadu Raudhatul Jannah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah santri pondok Pesantren Terpadu Raudhatul Jannah. Data yang diambil menggunakan tes wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil data yang diperoleh berupa hasil wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis. Secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan santri dengan gaya belajar visual berjumlah 38 responden dengan presentase 31%. Gaya belajar auditorial berjumlah 62 responden dengaan presentase 51%. Sedangkan gaya belajar kinestik berjumlah 20 responden dengan presentase 16%. Kemudian perbedaan belajar santri yang berprestasi dengan yang kurang prestasi yaitu terletak pada motivasi dan semangat belajar, cara mengatur waktu, dan cara mendisiplinkan diri sendiri.

References

BAB I, UMUM K. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003;

Heristian M, Efi A, Budiwirman B. MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK MELALUI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA. Gorga J Seni Rupa. 2022;11(2).

Abdul Tolib. Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern. Risal J Pendidik dan Stud Islam. 2015;1(1).

Kamal M. PENGARUH PELAKSANAAN PROGAM MENGHAFAL AL QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (studi kasus di MA Sunan Giri Wonosari Tegal Semampir Surabaya). Tadarus J Pendidik Islam. 2017;6(2).

Sugiyono D. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. 2013;

Ma’mun S. Analisis Metode Pembelajaran Ceramah Masa Pandemi Covid-19. Mimb Kampus J Pendidik dan Agama Islam. 2021;20(2).

Sukandi SS. Students’ Personal “Colors” in Self-Evaluation Essays as the Post-Process Pedagogy in Teaching Writing (A Descriptive Study on EFL Composition Learning Practice in Indonesia). Vol. 4, Proceedings of International Seminar on English Language Teaching . 2016.

Olivia F. 5-7 Menit Asyik Mind Mapping Pelajaran Sekolah. Elex Media Komputindo; 2014.

Widyastuti R. Hubungan motivasi belajar dan hasil tes intelegensi dengan prestasi belajar. UPT Perpust Univ Sebel MaretUniversitas Sebel Maret. 2010;

Hamid A. AGAMA DAN KESEHATAN MENTAL DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI AGAMA. Heal Tadulako. 2017;3(1).

As’ad M. MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QURAN : DITINJAU DARI PERAN SEKOLAH DAN ORANG TUA SISWA. Muaddib Stud Kependidikan dan Keislam. 2022;12(1).

Pintner R. Feeblemindedness. In: A handbook of child psychology. 2011.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Amrullah. (2023). ANALISIS SANTRI BERPRESTASI DI PONDOK PESANTREN TERPADU RAUDHATUL JANNAH KOTA SUBULUSSALAM MENURUT GAYA BELAJARNYA. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 13(1), 56–61. https://doi.org/10.54604/tdb.v13i1.352

Issue

Section

Articles