PENGINTEGRASIAN MULTIPLE INTELLIGENCES (MI) PADA KURIKULUM 2013 PAUD UNTUK MENINGKATKANKAN BERBAGAI ASPEK PERKEMBANGAN ANAK

Authors

  • Dwi Hastuti Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Islam Bina Insan Mulia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v13i2.333

Keywords:

Multiple Intelligences, Kurikulum PAUD 2013, Aspek Perkembangan Anak, Pendidikan Islam

Abstract

Tulisan ini, bertujuan untuk menjelaskan tentang pengintegrasian MI pada Kurikulum PAUD 2013. Artikel ini merupakan literature research yang mengkaji penelitian sebelumnya. Berdasar pada penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuan sebelumnya, maka ditemukan beberapa prinsip dalam mengintegrasikan MI dalam Kurikulum PAUD 2013, prinsip-prinsip tersebut antara lain pembelajaran dilakukan melalui “bermain”, guru sebagai fasilitator pembelajaran, pembelajaran berbasis “tematik”, potofolio sebagai dasar asesmen dalam penilaian siswa, memanfaatkan lingkungan, sebagai sarana belajar dengan tanpa meninggalkan tradisi atau muatan lokal, menggunakan berbagai aktifitas yang menarik dan menyenangkan dalam pembelajaran. (role play, karya wisata, bernyanyi, ada sesi pembuka-penutup, bercerita, diskusi,jalan-jalan), ada sesi pembuka dan penutup, Memanfaatkan alat peraga maupun APE (Alat Permainan Edukatif) yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

References

Hamalik O. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2013.

Latif M, Zukhairina, Zubaidah R, Affandi M. Orientasi baru pendidikan anak usia dini : teori dan aplikasi. Vol. 21, Kencana. 2013.

PAUD DP. Kurikulum PAUD. Jakarta: Dirjen Paud Kemendikbud; 2015.

Morrison GS. Dasar- dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Fundam early Child Educ. 2012;

Zed M. Metode Penelitiaan kepustakaan. Metode Penelitian Kepustakaan. 2008.

Sunan S, Terdsak S, Chunpit R, Piangkhae P, Sangsan K. The development of multiple intelligence capabilities for early childhood development center, local administration organization in Chaiyaphum province. Educ Res Rev. 2017;12(2).

Wee S-J, Shin H-S, Kim M-H. Young children’s role-playing for enhancing personal intelligences in multiple intelligences theory. Vol. 4, International Research in Early Childhood Education. 2013.

Farida Y, Aries S, Yohana R, Sisilia M. Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018.

Richards DR. The Integration of the Multiple Intelligence Theory into the Early Childhood Curriculum. Am J Educ Res. 2016;4(15).

Surasmi WA. MAXIMISING MULTIPLE INTELLIGENCE. 2017;9(2):79–85.

Delgoshaeia Y, Delavaria N. Applying multiple-intelligence approach to education and analyzing its impact on cognitive development of pre-school children. In: Procedia - Social and Behavioral Sciences. 2012.

Astuti WT. Pembelajaran anak usia dini berbasis Multiple Intelligences di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman. J Pendidik Madrasah. 2016;1(2).

Yuni S. PENINGKATAN PERKEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES ANAK USIA PRASEKOLAH MELALUI STIMULASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF. J Intel. 2019;6(2).

Downloads

Published

2023-12-05

How to Cite

Dwi Hastuti. (2023). PENGINTEGRASIAN MULTIPLE INTELLIGENCES (MI) PADA KURIKULUM 2013 PAUD UNTUK MENINGKATKANKAN BERBAGAI ASPEK PERKEMBANGAN ANAK. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 13(2), 28–34. https://doi.org/10.54604/tdb.v13i2.333