Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Inggris di Era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.54604/tdb.v13i2.332Keywords:
Aplikasi Zoom, Pembelajaran OnlineAbstract
Pembelajaran secara online mungkin bukan hal yang baru bagi mahasiswa. kemajuan teknologi sekarang memungkinkan mahasiswa untuk belajar sepenuhnya secara online sambil tetap bersosialisasi dengan teman sekelas, pembelajaran saat mata kuliah dan berpartisipasi dalam diskusi khusus mata pelajaran yang sedang berlangsung. dengan cara via konferensi video, dokumen, digital, dan yang lainya. Dengan begitu kegiatan perkuliahan pun tetap berlangsung, Perkuliahan secara online atau daring pun bisa di akses dimana saja dan di waktu yang telah ditentukan bersama. Salah satu aplikasi yang menyediakan fasilitas interaksi tatap muka pendidik dan peserta didik secara virtual melalui video conference dengan PC atau laptop atau smartphone adalah Zoom Cloud Meeting, aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan sebagai media komunikai jarak jauh dengan menggabungkan konferensi video, obrolan, pertemuan online dan kolaborasi seluler. Penggunaan meeting dalam aplikasi ini bisa menampung 1000 peserta bersama dalam satu pertemuan secara virtual. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis, tetapi tetap fungsional, fitur yang ada antara lain panggilan telephone, webinar, presentasi, dan masih banyak lainnya. Aplikasi ini dinilai punya kualitas yang baik, dapat dibuktikan dengan perusahaan yang sudah masuk dalam fortune 500 sudah menggunakan layanan ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berlandaskan filsafat post positivisme yang digunakan untuk meneliti kondisi objek yang alamiah dimana peneliti sebagai instrumen kunci dan hasil penelitiannya lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Analisis data penelitian dilakukan menggunakan model analisis Miles dan Huberman (1994) secara umum, terdapat tiga jalur analisis data kualitatif yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Reduksi data adalah proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data kasar yang muncul dari catatan-catatan tertulis di lapangan. Penyajian data adalah kegiatan ketika sekumpulan informasi disusun, sehingga memberi kemungkinan akan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. Penarikan kesimpulan adalah dimana peneliti terus menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan Pembelajaran secara online menggunakan aplikasi zoom sangat tidak efektif di gunakan saat masa pandemi covid-19 di karenakan bebera kendala seperti kurangnya paket data, jaringan yang sering kurang bagus dan lain sebagainya.
References
Putri MK (2011). Implementasi ELearning pada SMA Negeri 2 Surakarta Menggunakan PHP dan Mysql. Syria Stud. 2015;7(1).
MacKenzie, O., E. Christensen and R. Correspondence Instruction in the United States: A Study of What It Is, How It Functions, and What Its Potential May Be. New York: McGraw-Hill Book Co; 1968.
Haqien D, Rahman AA. Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artik Pendidikan). 2020;5(1).
Akmal H, Susanto H. Efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis mobile smartphone sebagai media pengenalan sejarah lokal masa revolusi fisik Di Kalimantan Selatan …. Jurnal Historia. 2018.
Saputra DA, Handaga B, Effendy M, Halim DA. Simulasi Pemograman Pengendali PWM Kecepatan dengan Mikrokontroler Arduino berbasis Sensor Ultrasonik HC-SR04 pada Purwarupa Mobil Listrik. Accurate J Mech Eng Sci. 2020;1(2).
Siagian SP. Kiat Meningkatkan Produktivitas kerja. Jakarta: Rineka Cipta; 2002.
Mulyasa. Management Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2011.
Handayaningrat S. Pengantar Ilmu Administrasi Negara dan Manajemen. Jakarta: Gunung Agung; 1996.
Sugiyono, Sugiono. Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.
Miles dan Huberman. Qualitative Data Analysis. Vol. 1304, Sage Pulications. 1994.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ta'dib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


