PEMBIASAAN HIDUP SEHAT PASCA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Suminah IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v13i2.330

Keywords:

Pembiasaan, Hidup Sehat

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan awal, sering disebut dengan masa keemasan, oleh karna itu masa ini menentukan perkembangan selanjutnya. Salah satu aspek penting dalam menentukan kehidupan anak dimasa depan adalah membiasakan hidup sehat di lingkungan sekitar anak, adapun lingkungan sekitar anak adalah lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat pihak- pihak ini yang terlibat langsung dalam pemenuhan pembiasaan dini hidup sehat. Semenjak pandemik covid 19 dan pasca pandemi menuntut semua untuk tetap menjaga kebersihan dan kebiasaan hidup sehat. Tujuan dilakukan penelitian ini bagaimana perlakuan guru terhadap anak untuk mengajarkan pola hidup sehat setelah pasca pandemic covid-19, jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif atau menggambarkan kondisi anak dalam hal menerapkan pola hidup sehat pasca pandemic covis-19, seperti apa yang dilakukan guru untuk melihat keberhasilan anak dalam pembiasan pola hidup sehat. Dari hasil pengamatan guru menggunakan beberapa metode dalam pengenalan pembiasaan hidup sehat antara lain metode Bercerita, Pembiasaan, dan Demonstras. Kesimpulan pengenalan pembiasaan hidup sehat pasca pandemic covid-19 anak dapat terbiasa mencuci tangan dengan benar, mengajarkan pola makan yang bernutrisi, membuang sampah pada tempatnya, dan mengajarkan cara merawat lingkungan sekitar.

References

Arifudin. Pandemi Corona dan Dampak Terhadap Dunia Pendidikan. 2020;

Fajriyah. Tips dan Trik Belajar di Rumah saat Pandemi COVID-19. 2020;

Wijayanti P. “Pengembangan Potensi Anak Usia Dini.” Proseding. 2021;

Wiranata. Penerapan Positive Parenting dalam Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat kepada Anak Usia Dini. 7. 2020;

Zahro1) NH, , Gustilas Ade Setiawan2) AA. POLA HIDUP SEHAT PASCA PANDEMI COVID-19. Mimb Integritas. 2022;1:304.

Kementerian Agama RI. Quran surat Al maidah ayat 6. 2019.

E. Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara; 2013.

Vionalita, G., & Kusumaningtiar D. Knowledge of Clean and Healthy Behavior and Quality of Life among School-Children. Proceedings of the Health Science International Conference (HSIC 2017). Health Science International Conference (HSIC 2017) https://doi.org/10.2991/hsic-17.2017.67. Malang; 2017.

Luthfia Fitri Khoimah. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Kelompok B melalui Kegiatan Mencetak. Universitas Muhammadiyah Jember; 2019.

Mendikbud. Berita Negara. Menteri Kesehat Republik Indones Peratur Menteri Kesehat Republik Indones. 2019;Nomor 65(879):2004–6.

Lexy J Meleong. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2006. 4 p.

Koentjaningrat. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan; 2005. 42 p.

Zaenuddin HM. Rahasia Pengertian Hidup Sehat. Jakarta: Pustaka Inspira; 2014. 54 p.

Downloads

Published

2023-12-05

How to Cite

Suminah. (2023). PEMBIASAAN HIDUP SEHAT PASCA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK USIA DINI. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 13(2), 17–22. https://doi.org/10.54604/tdb.v13i2.330