ANALISIS BUTIR SOAL HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR

Authors

  • Muhammad Rijali Rais IAIN Takengon
  • Shaufi Ramadhani UIN Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v13i1.236

Abstract

Soal HOTS merupakan soal tingkat tinggi yang dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan untuk mengukur kemampuan berpikir siswa. Pada soal Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran PAI kelas XII di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar telah diterapkan penggunaan soal HOTS, namun belum pernah dilakukan pengujian terkait soal HOTS tersebut apakah telah sesusai dengan standar karakteristik soal HOTS. Tujuan penelitian adalah untuk mengklasifikasikan soal UAS dan kualifikasi soal-soal yang tergolong soal HOTS. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan evaluatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 45 butir soal UAS kelas XII SMA Negeri 1 Peukan Bada. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini telah divalidasi oleh 2 validator ahli pada bidang evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klasifikasi soal UAS mata pelajaran PAI SMA Negeri 1 Peukan Bada terbagi menjadi tiga yaitu LOTS, MOTS, dan HOTS. Terdapat 21 soal berlevel LOTS (46,66%). 14 soal berlevel MOTS (31,11%). Level HOTS terdapat sebanyak 10 soal (22,22%). Kualifikasi soal HOTS pada soal ujian ini telah memenuhi standar kriteria soal HOTS, yaitu mengaitkan satu informasi dengan informasi lainnya, memiliki stimulus yang berfungsi, pokok soal memerlukan literasi stimulus, dan ketepatan dalam menganalisa kata kunci pada stimulus

References

Fitrianawati M. Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik. JPT J Pendidik Temat. 2017;2(3):316–22.

Ariana Y, Setiawati W, Asmira O, Bestary R, Pudjiastuti A. Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2019.

Helmawati. Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Bandung: Remaja Rosdakarya; 2019.

Dani M. Analisis Soal Tipe High Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Swasta Imelda Medan. RepositoryUmsuAcId. 2020;2:306–13.

Harahap tuti khairani. Metodologi Penelitian Pendidikan. Kartasura: tahta Media Group; 2021.

Moleong JL. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. 2013;32–6.

prof. dr. sugiyono. prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro ( PDFDrive ).pdf. Bandung Alf. 2011. p. 143.

Downloads

Published

2023-12-02

How to Cite

Rais, M. R., & Shaufi Ramadhani. (2023). ANALISIS BUTIR SOAL HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 13(1), 8–14. https://doi.org/10.54604/tdb.v13i1.236

Issue

Section

Articles