Madrasah Sebagai Ekosistem : Penguatan Profil Pelajar di Era Society 5.0

Authors

  • Mahdi Madrasah Aliyah Negeri 1 Bener Meriah

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v13i1.230

Keywords:

Madrasah, Ekosistem, Profil Pelajar

Abstract

Madrasah sebagai ekosistem yang kompetitif dengan model pembelajaran yang modern, berwawasan global, namun tetap berpegang teguh dengan nilai religiusitas dan karakter kebangsaan, menjawab persoalan fundamental, yaitu dekadensi moral, rendahnya kemampuan literasi dan peluang intoleransi. Di antara elemen ekosistem pendidikan di madrasah yang akan menentukan penguatan projek penguatan profil pelajar pancasila dan pelajar rahmatan lil alamin adalah ; Visi dan misi, guru, kurikulum, pelajar, budaya dan lingkungan. Artikel ini merupakan kajian pustaka (library research), dengan melakukan eksplorasi terhadap sejumlah literatur, buku, artikel baik sifatnya primer maupun sekunder. Setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis mengunakan metode deskriptif-analitik. Dan dalam penyajian data dipaparkan dengan metode deduktif yang berangkat dari teori umum untuk menuju pada kesimpulan. Madrasah sebagai lembaga pendidikan berperan dalam menciptakan profil pelajar pancasila dan pelajar rahmatan lil alamin, dengan menciptakan ekosistem pembelajaran yang holistic, integrative dan berkesinambungan. Melalui projek penguatan profil pelajar pancasila dan pelajar rahmatan lil alamin, madrasah dengan karakteristik dan lingkungan religius akan memberi suasana menyenangkan, terbuka dan menumbuhkan budaya literasi yang bermakna dan moderat.

References

Hadiansah D. Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru. Cet 1. Renika Veronika, editor. Bandung: Penerbit Yrama Widya; 2022.

Kemendikbud. Rencana Strategi (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019. Jakarta: Kemendikbud RI; 2018.

Suhandi AM, Robi’ah F. Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. J Basicedu. 2022 May;6(4):5936–45.

Shaleh AR. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. Cet 1. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada; 2004.

Pendidikan J, Konseling D. Eksistensi Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. J Pendidik dan Konseling. 2022 Aug;4(4):3902–10.

Alim MS, Munib A. Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Madrasah. J Prog Wahana Kreat dan Intelekt. 2021 Dec;9(2):263.

Daheri M. Religious Moderation, Inclusive, and Global Citizenship as New Directions for Islamic Religious Education in Madrasah. Nazhruna J Pendidik Islam. 2022 Feb;5(1):64–77.

Rokhim A, Sarnoto AZ, Raya AT, Jurnal SB, Bahri S. Ekosistem Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. J Ilm AL-Jauhari J Stud Islam dan Interdisip. 2022 Oct;7(2):188–216.

Drajat M. Sejarah Madrasah Di Indonesia. al-Afkar, J Islam Stud. 2018 Feb;1(1):192–206.

Mariana D, Helmi AM. Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Di Indonesia. J Pendidik Tambusai. 2022 Mar;6(1):1907–19.

Universitas Gajah Mada. Membangun Ekosistem Pendidikan Bersama Masyarakat Sekitar Kampus. Edisi Juni. Jogyakarta: PIKA UGM; 2019.

Pearce A, McCoy A. Creating and educational ecosystem for construction: A model for research, teaching, and outreach integration and synergy. 2007;(November 2014).

Neolaka A dan GAAN. Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Cet Ke-1. Depok: Kencana; 2017.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. 1st ed. Jakarta: Rajawali Press; 2009.

Badrun Fawaidi. Pengembangan Kurikulum Visi Dan Misi Madrasah Di Era Industri 4.0. Sirajuddin J Penelit dan Kaji Pendidik Islam. 2022 Jan;1(1):76–85.

Rahmansyah MF. Merdeka Belajar: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. Ar-Rosikhun J Manaj Pendidik Islam. 2021 Nov;1(1).

Arviansyah MR, Shagena A. Efektivitas dan Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera J Ilm Kependidikan. 2022 Feb;17(1):40–50.

Safitri A, Wulandari D, Herlambang YT. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. J Basicedu. 2022 Jun;6(4):7076–86.

Sari NY, Sinthiya IAPA. Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sma Negeri 2 Gadingrejo. JMPA (Jurnal Manaj Pendidik Al-Multazam). 2022 Aug;4(2):50.

Nahdiyah U, Arifin I, Juharyanto J. Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau Dari Konsep Kurikulum Merdeka. Semnas Manaj Strateg Pengemb Profil Pelajar Pancasila pada PAUD dan Pendidik Dasar. 2022;1(1).

Kemendikbudristek BSKAP. Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek BSKAP RI. 2022. 1–35 p.

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Mahdi. (2023). Madrasah Sebagai Ekosistem : Penguatan Profil Pelajar di Era Society 5.0. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 13(1), 24–30. https://doi.org/10.54604/tdb.v13i1.230

Issue

Section

Articles