PENGARUH STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI MEMANFAATKAN KEKAYAAN ALAM INDONESIA KELAS IV MIN 9 ACEH TENGAH

Authors

  • Musfirah IAIN TAKENGON
  • abdussyukur IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v13i1.228

Keywords:

Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi contextual teaching and learning (CTL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi memanfaatkan kekayaan alam indonesia kelas IV MIN 9 Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Eskperimen, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN 9 Aceh Tengah. Sampel penelitian yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa dengan menggunakan metode ceramah dan kelas IV B sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 21 siswa dengan menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh uji hipotesis secara manual dengan Thitung = 90,47 dan Ttabel = 71,87, maka Thitung > Ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi memanfaatkan kekayaan alam Indonesia kelas IV MIN 9 Aceh Tengah.

References

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). In 2010.

Nofriani N, Yusnira Y. PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA SEKOLAH DASAR. J Pendidik dan Konseling. 2019;1(1).

Poerwanti E, AM I, Yayuk E. Analisis Ketidak Tercapaian Rerata KKM Peserta Didik pada SDM Pagak, SDM 4 Lawang dan MI Nurul Islam Tajinan. J Humanit. 2012;8(1).

Widiastuti NLGK. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. J Imiah Pendidik dan Pembelajaran. 2020;4(3).

Muhlisin A. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD ) Tema Polusi Udara. J Educ Res Eval. 2012;1(2).

Budiyanto AK. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang Univ Muhammadiyah Malang. 2016;

Putri DA. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPA Materi Bagian-Bagian Pada Tumbuhan Di Kelas IV MIS Parmiyatu Wassa’adah Tembung Percut Sei Tuan. Skripsi Tidak Diterbitkan Fak Ilmu Tarb Dan Keguruan Medan UIN. 2019;

Udayana R. PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG. UIN RADEN FATAH PALEMBANG; 2017.

Sanjaya W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media; 2012.

Novalia MS, Syazali M. Olah Data Penelitian Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Rahaja. 2014;39.

Megawati M, Oktavia S. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. J Muara Pendidik. 2020;5(1).

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Musfirah, & abdussyukur. (2023). PENGARUH STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI MEMANFAATKAN KEKAYAAN ALAM INDONESIA KELAS IV MIN 9 ACEH TENGAH. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 13(1), 47–55. https://doi.org/10.54604/tdb.v13i1.228

Issue

Section

Articles