Efektivitas Program Modal Usaha dan Pelatihan dalam Pemberdayaan Ekonomi Mustahiq (Studi Kasus pada Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah)

Authors

  • Mahadir IAIN Takengon

https://doi.org/10.54604/mbz.v11i2.66

Abstract

Modal usaha adalah sesuatu yang digunakan untuk mendirikan atau menjalankan suatu usaha. Modal ini bisa berupa uang dan tenaga keahlian. Sudah dapat di pastikan bahwa untuk  menjalankan aktivitasnya setiap masyarakat membutuhkan sejumlah dana, baik dana yang berasal dari pinjaman maupun dari modal sendiri. Dana tersebut biasanya digunakan untuk dua hal. Pertama digunakan untuk keperluan investasi, artinya, dana ini digunakan untuk membeli atau membiayai aktiva tetap dan bersifat jangka panjang yang dapat digunakan secara berulang-ulang, seperti pembelian tanah, kios untuk berjualan dan aktiva tetap lainnya. Kedua, dana di gunakan untuk membiayai modal usaha, yaitu modal yang digunakan untuk pembiayaan jangka pendek, seperti pembelian bahan baku (pembelian rempah-rempah dan sayur-sayur untuk di jual kepada masyarakat lainnya). Modal usaha yang diberikan Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah kepada mustahiq dalam bentuk modal usaha : Pertanian (menanam cabe, tomat dan palawija), Ternak (kambing, kerbau, sapi dan unggas), Dagang (rempah-rempah dan menjual sayur-mayur), dan Nelayan (dalam bentuk pembelian jaring ikan dan perahu). Bantuan modal ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan para mustahiq, di samping itu Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah selama lima tahun terakhir memberikan modal usaha secara bertahap, kepada mantan mustahiq, untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Fenomena yang terjadi di lapangan mustahiq yang sudah mengikuti pelatihan tidak bisa membuka usaha secara mandiri,dan tetap menjadi mustahiq untuk tahun berikutnya, sehingga ekonominya tidak mengalami kemajuan.   mustahiq yang melaksanakan pelatihan dan di berikan modal usaha  agar benar-benar untuk usaha dan serius dalam menekuni usahanya,dalam rangka meningkatkan taraf  perekonomian, tidak digunakan untuk kegiatan konsumtif yang kurang manfaat agar mustahiq yang mengikuti pelatihan  berhasil dan bisa mengurangi pengangguran.

Keywords:

Pasar Modal

References

Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah. (2015). Laporan Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2011-2015.

Edi Suharto. (2005). Membantu Masyarakat Memberdayakan Rakyat. PT Refika Aditama.

QS. Al-Baqarah ayat 267. (n.d.).

Robert L. Mathis. John H. Jackson. (2004). Human Resource Management . Salemba Empat.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Mahadir, M. (2022). Efektivitas Program Modal Usaha dan Pelatihan dalam Pemberdayaan Ekonomi Mustahiq (Studi Kasus pada Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah). Mubeza, 11(2), 54–60. https://doi.org/10.54604/mbz.v11i2.66