Pengaruh Konten Postingan Akun Instagram @keber_gayo Terhadap Kepuasan Pembaca
DOI:
https://doi.org/10.54604/mbz.v14i1.405Keywords:
Akun Instagram, @kebergayo, Kepuasan PembacaAbstract
Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh konten postingan dalam akun @keber_gayo terhadap kepuasan pembaca di Takengon, Aceh Tengah. Yakni pengaruh yang didapatkan oleh masyarakat Aceh Tengah dari postingan pada akun @keber_gayo yang menyampaikan berita peristiwa yang terjadi di Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan sekitarnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pembaca/followers terhadap konten postingan akun @keber_gayo, dan mengetahui pengaruh konten berita yang diposting oleh akun instagram @keber_gayo terhadap kepuasan pembaca/followers. Ditinjau dari permasalahan yang ada maka penelitian ini akan menggunakan metode kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif adalah suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah dengan hasil yang dapat digeneralisasikan. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26 dari hasil olahan data koefesien determinasi, Dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh variabel independen (konten postingan akun @keber_gayo) terhadap variabel dependen (kepuasan pembaca) memperoleh persentasi sebesar 53,4%. Dari hasil perolehan data hipotesis t hitung = 5.114 dan t tabel = 0.000. Dapat diambil kesimpulan bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel, maka hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Yang berarti terdapat pengaruh konten postingan akun instagram @keber_gayo terhadap kepuasan pembaca di Takengon Aceh Tengah.
References
Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar . Bandung: Simbiosa.
Barus, W. S. (2010). Jurnalistik Petunjuk Teknis dan Menulis Berita. Jakarta: Erlangga .
Juliana, R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat. Bandung: Elibrary Unikom.
Kriyantono, R. (2002). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku . Jakarta: Salemba.
Ningrum, R. K., & Prihantoro, E. (2020). Pengaruh Intensitas dn Motif Penggunaan Media Instagram Terhadap Kepuasan Mendapatkan Informasi Followers Akun @soloinfo. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, 2(2), 60-67, Doi: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i3.10320.
Romli, K. (2016 ). Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo.
Safriana, S., & Samatan, N. (2021). Pengarug Motif Penggunaan Media Sosial dan Kualitas Informasi Akun Instagram @Indozone Terhadap Kepuasan Followers Generasi Z dalam Memperoleh Informasi. Jurnal Media dan Komunikasi, 2 (1), 17-25, Doi: https://doi.org/10.24167/jkm.v2i1.3601.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wulandari, A., & Salma, A. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Pemenuhkan Kebutuhan Informasi. Jurnal Kaganga, 5(2), 242-246, https://doi.org/10.31539/kaganga.v5i2.4321.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fachrur Rizha, Eva Lestari, Kartini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
							 
			
		 
			 
			 
				


