Dinamika Transformasi Media
DOI:
https://doi.org/10.54604/mbz.v14i1.399Keywords:
Ekonomi Media, Perubahan Media, Politik Media, Transpormasi MediaAbstract
Transformasi media telah menjadi salah satu tren yang paling mencolok dalam beberapa dekade terakhir. Transformasi ini telah menyebabkan perubahan signifikan dalam cara media beroperasi, didistribusikan, dan dikonsumsi. Salah satu perubahan terpenting yang telah terjadi adalah pergeseran dari media tradisional ke media digital. Media tradisional, seperti televisi, radio, dan surat kabar, telah digantikan oleh media digital, seperti internet, media sosial, dan perangkat seluler. Perubahan ini telah meningkatkan aksesibilitas terhadap informasi dan komunikasi, serta mengurangi biaya produksi dan distribusi. Perubahan lain yang terjadi adalah transformasi model bisnis media. Media tradisional yang mengandalkan pendapatan dari model iklan tradisional menghadapi tantangan yang cukup besar dari media digital yang mengandalkan pendapatan dari berlangganan dan iklan digital. Perubahan ini menyebabkan konsolidasi kepemilikan media, dengan perusahaan media besar yang semakin mendominasi industri media. Transformasi media juga berdampak pada politik. Media telah menjadi kekuatan yang semakin penting dalam proses politik, seringkali bertindak sebagai agen oposisi terhadap pemerintah. Transformasi media juga telah mengubah cara kampanye politik, dengan kampanye politik yang semakin mengandalkan media digital untuk menjangkau para pemilih.
References
Fanani, F. (2016). Analisis Kebijakan Redaksional Harian Republika pada Pemberitaan Religio-Politik Masa Kampanye Presiden Tahun 2009. Jurnal The Messenger, 3(2), 48. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.269
Handini, V. A., Nugroho, W., & Nur, O. (2019). Transformasi Media Kampanye Dalam Konstelasi Pilpres Indonesia Tahun 2009-2019. Prosiding Comnews: Conference on Communication and New Media Studies, 34–45.
Mudjiyanto, B., Launa, L., Lusianawati, H., & ... (2022). DILEMA MEDIA: Antara Kontinum Independensi dan Kuasa Bisnis. Oratio Directa (Prodi …, 4(2), 771–798. https://www.ejurnal.ubk.ac.id/index.php/oratio/article/view/294%0Ahttps://www.ejurnal.ubk.ac.id/index.php/oratio/article/download/294/198
Oktaviani, E., Asrinur, Wasono, A., Prakoso, I., & Madiisriyatno, H. (2023). Transformasi Digital Dan Strategi Manajemen. Jurnal Oikos-Nomos, 16(1), 16–26.
Prihanto, J. J. N. (2018). Transformasi Digital Media Cetak Di Indonesia: Studi Pada Industri Media Cetak Terferivikasi Administratif Dan Faktual 2017. ULTIMA Management, 10(1), 26–43. https://doi.org/10.31937/manajemen.v10i1.853
Respati, W. (2014). Transformasi Media Massa Menuju Era Masyarakat Informasi di Indonesia. Humaniora, 5(1), 39. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2979
Suryawati, I., & Alam, S. (2022). TRANSFORMASI MEDIA CETAK KE PLATFORM DIGITAL (Analisis Mediamorfosis Harian SOLOPOS). Jurnal Signal, 10(2), 190.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2),69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
Widnyani, N. M., Luh, N., Surya, P., Christina, B., Putri, L., Internasional, U. B., Udayana, U., & Kualitatif, P. (2021). Penerapan Transformasi Digital Pada Ukm Selama Pandemi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 79–87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Karerek, Karin Nurliza Azzahra, Galih Priambodo, Jufrizal, Nurseri Hasnah Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
							 
			
		 
			 
			 
				


