Dinamika Transformasi Media

Authors

  • Karerek Universitas Sriwijaya
  • Karin Nurliza Azzahra Universitas Sriwijaya
  • Galih Priambodo Universitas Sriwijaya
  • Jufrizal Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nurseri Hasnah Nasution Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.54604/mbz.v14i1.399

Keywords:

Ekonomi Media, Perubahan Media, Politik Media, Transpormasi Media

Abstract

Transformasi media telah menjadi salah satu tren yang paling mencolok dalam beberapa dekade terakhir. Transformasi ini telah menyebabkan perubahan signifikan dalam cara media beroperasi, didistribusikan, dan dikonsumsi. Salah satu perubahan terpenting yang telah terjadi adalah pergeseran dari media tradisional ke media digital. Media tradisional, seperti televisi, radio, dan surat kabar, telah digantikan oleh media digital, seperti internet, media sosial, dan perangkat seluler. Perubahan ini telah meningkatkan aksesibilitas terhadap informasi dan komunikasi, serta mengurangi biaya produksi dan distribusi. Perubahan lain yang terjadi adalah transformasi model bisnis media. Media tradisional yang mengandalkan pendapatan dari model iklan tradisional menghadapi tantangan yang cukup besar dari media digital yang mengandalkan pendapatan dari berlangganan dan iklan digital. Perubahan ini menyebabkan konsolidasi kepemilikan media, dengan perusahaan media besar yang semakin mendominasi industri media. Transformasi media juga berdampak pada politik. Media telah menjadi kekuatan yang semakin penting dalam proses politik, seringkali bertindak sebagai agen oposisi terhadap pemerintah. Transformasi media juga telah mengubah cara kampanye politik, dengan kampanye politik yang semakin mengandalkan media digital untuk menjangkau para pemilih.

References

Fanani, F. (2016). Analisis Kebijakan Redaksional Harian Republika pada Pemberitaan Religio-Politik Masa Kampanye Presiden Tahun 2009. Jurnal The Messenger, 3(2), 48. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.269

Handini, V. A., Nugroho, W., & Nur, O. (2019). Transformasi Media Kampanye Dalam Konstelasi Pilpres Indonesia Tahun 2009-2019. Prosiding Comnews: Conference on Communication and New Media Studies, 34–45.

Mudjiyanto, B., Launa, L., Lusianawati, H., & ... (2022). DILEMA MEDIA: Antara Kontinum Independensi dan Kuasa Bisnis. Oratio Directa (Prodi …, 4(2), 771–798. https://www.ejurnal.ubk.ac.id/index.php/oratio/article/view/294%0Ahttps://www.ejurnal.ubk.ac.id/index.php/oratio/article/download/294/198

Oktaviani, E., Asrinur, Wasono, A., Prakoso, I., & Madiisriyatno, H. (2023). Transformasi Digital Dan Strategi Manajemen. Jurnal Oikos-Nomos, 16(1), 16–26.

Prihanto, J. J. N. (2018). Transformasi Digital Media Cetak Di Indonesia: Studi Pada Industri Media Cetak Terferivikasi Administratif Dan Faktual 2017. ULTIMA Management, 10(1), 26–43. https://doi.org/10.31937/manajemen.v10i1.853

Respati, W. (2014). Transformasi Media Massa Menuju Era Masyarakat Informasi di Indonesia. Humaniora, 5(1), 39. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2979

Suryawati, I., & Alam, S. (2022). TRANSFORMASI MEDIA CETAK KE PLATFORM DIGITAL (Analisis Mediamorfosis Harian SOLOPOS). Jurnal Signal, 10(2), 190.

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2),69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

Widnyani, N. M., Luh, N., Surya, P., Christina, B., Putri, L., Internasional, U. B., Udayana, U., & Kualitatif, P. (2021). Penerapan Transformasi Digital Pada Ukm Selama Pandemi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 79–87.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Karerek, Nurliza Azzahra, K., Priambodo, G., Jufrizal, & Nasution, N. H. (2024). Dinamika Transformasi Media. Mubeza, 14(1), 15–21. https://doi.org/10.54604/mbz.v14i1.399

Issue

Section

Articles