Analisis Trend Perkembangan Online Shop di Kabupaten Aceh Tengah
DOI:
https://doi.org/10.54604/mbz.v13i1.351Keywords:
Perkembangan, Bisnis, OnlineAbstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah memberikan dampak yang positif terhadap pengelolaan bisnis dari berbagai aspek, mulai dari promosi hingga pemasaran. Teknologi tidak lagi hanya menjadi pilihan, melainkan suatu keharusan bagi pelaku bisnis modern. Hal ini disebabkan oleh potensi efisiensi yang dapat dihasilkan dalam mengelola biaya, seperti penghematan dalam promosi dan iklan melalui media digital. Salah satu fenomena menarik yang muncul akibat perkembangan teknologi adalah munculnya bisnis online yang mendapatkan momentum lebih cepat pasca pandemi Covid-19. Masyarakat yang semakin terkoneksi secara digital telah mendorong pertumbuhan bisnis online di berbagai sektor. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis trend perkembangan dan kendala yang dihadapi oleh bisnis online di Kabupaten Aceh Tengah. Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa bisnis online di Kabupaten Aceh Tengah mengalami perkembangan yang cukup positif. Dukungan dari pemerintah daerah dalam bentuk pelatihan dan fasilitasi telah membantu pelaku bisnis online dalam mengembangkan usaha mereka. Namun, terdapat kendala yang perlu diatasi, terutama terkait dengan kemampuan bagi para pelaku usaha online shop untuk mengelola permodalan meekwa dikarenakan adanya kebutuhan sehari hari yang harus dipenuhi. Meskipun demikian, para pelaku usaha tetap melakukan peningkatan kualitas produk untuk bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat
References
Andriyanti, R. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Umkm Warteg Sekitar Kampus Ibi Kosgoro 1957. Mediastama.
Asim. (2019). Pengaruh E-Commerce Dan Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Sophie Paris Business Center Novia Dwi Ayuning Di Jonggol Kabupaten Bogor. Journal of Business Studies Quarterly, 4.
Azizah. (2019). Electronic Commerce (E-Commerce) Dalam Perspektif Ekonomi Ketahanan”,. Jurnal Ekonomi Pertahanan, 5.
Dakduk. (2020). Acceptance of mobile commerce in low-income consumers: evidence from an emerging economy. Jurnal Heliyon, 6(05451).
Dkk, A. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Rumah Makan Padang Di Sekitar Lingkar Kampus Ibi Kosgoro 1957. Mediastama.
Dragomir, V. D. (2022). Practical solutions for circular business models in the fashion industry. Cleaner Logistics and Supply Chain. Jurnal Heliyon, 100040.
Eriksson, N. (2021). Online grocery shoppers due to the Covid-19 pandemic - An analysis of demographic and household characteristics. Procedia Computer Science. 196.
Estriana, V. (2020). Analisa Strategi Ecommerce Indonesia dalam Penerapan Integrated Marketing Communication. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer, 9.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 22. BPFE Universitas Diponogoro.
Har. (2019). Revolution of Retail Industry: From Perspective of Retail 1.0 to 4.0. Procedia Computer Science. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer.
Hasibuan. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Belanja Online Melalui Perspektif Gender. Mediastima, 26.
Benny. (2022, 12 13). Wawancara Langsung, Perkembangan dan Hambatan dalam menjalankan Bisnis Online Shop. (I. Noviardi, Interviewer)
Cherry. (2023, 3 13). Wawancara Langsung, Perkembangan dan Hambatan dalam menjalankan Bisnis Online Shop. (I. Noviardi, Interviewer)
Ilham. (2023, 3 12). Wawancara Langsung, Perkembangan dan Hambatan dalam menjalankan Bisnis Online Shop. (I. Noviardi, Interviewer)
Irma. (2023, 5 13). Wawancara Langsung, Perkembangan dan Hambatan dalam menjalankan Bisnis Online Shop. (I. Noviardi, Interviewer)
Ria. (2022, 12 13). Wawancara langsung Perkembangan dan Hambatan Dalam Menjalankan Bisnis Online Shop. (I. Noviardi, Interviewer)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ikhwan Noviardi Bin Muhammad Rasyid, Ismail Gemasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

