PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND ATTITUDE, DAN SERTIFIKASI HALAL TERHADAP BRAND AWARENESS PADA PRODUK HNI (STUDI KASUS DI LEMBAGA KAMMI DAERAH GAYO)

Indonesia

Authors

  • Ainiah IAIN Takengon
  • Ika Hartika IAIN Takengon
  • Awwalul Fitriana IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/mbz.v12i1.120

Keywords:

HNI, Brand Awareness Brand Ambassador, Brand Attitude, Sertifikasi Halal

Abstract

Brand awareness sangat berperan dalam keputusan konsumen untuk memilih suatu produk. Sebuah perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran dengan pembentukan brand awareness melalui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Secara empiris, penelitian ini hendak menguji beberapa faktor yang mempunyai pengaruh terhadap brand awareness diantaranya brand ambassador, brand attitude, dan sertifikasi halal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi kader KAMMI Daerah Gayo yang masih aktif dan tinggal di Aceh Tengah serta pernah mengkonsumsi produk HNI dan diperoleh sampelsebanyak 41 responden. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) secara parsial terdapat pengaruh variabel brand ambassador (X1) yang signifikan terhadap brand awareness (Y) ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel (2,622 > 2,0262). (2) Tidak terdapat pengaruh brand Attitude (X2) terhadap brand awareness (Y) dibuktikan dengan nilai t hitung < t tabel (1,173 < 2,0262). (3) Terdapat pengaruh variabel sertifikasi halal yang signifikan (X3) terhadap brand awareness (Y) dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (4,587 > 2,0262). Hasil uji simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel brand ambassador, brand attitude, dan sertifikasi halal terhadap brand awareness, dibuktikan oleh nilai Fhitung > Ftabel dengan nilai 42,615 > 2,86. Ketiga variabel tersebut bisa menjelaskan variabel brand awareness sebesar 77.6 % yang dilihat dari nilai R Square.

References

Andi. (2015). Alat Analisis Data Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. Andi Offset.

Andi Supriadi Chan, & Wahdi, Y. W. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI WISATA KULINER HALAL BERBASIS ANDROID. JURNAL ILMIAH INFORMATIKA (JIF), 6(02), 54–59. https://doi.org/10.33884/JIF.V6I02.619

ARIANI, D., & SUTOPO, S. (2018). PENGARUH SLOGAN DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND AWARENESS (Studi pada Konsumen Antangin JRG di Universitas Diponegoro Semarang).

Asli Peluang Bisnis Online Modal Kecil Cocok Untuk Siapa Saja. (n.d.). Retrieved February 1, 2022, from https://hnipioneer.com/

Ghazali, I. (2016). Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, C. (2020). Mahir Menguasai Spss (Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian. Deepublis Publisher.

HUSNI, A. R., & WIDIYANTO, I. (2010). ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP BRAND ATTITUDE HANDPHONE MEREK NOKIA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1 Universitas Diponegoro).

Isra, N. (2019). Pengaruh Brand Awareness Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Wardah (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Syariah STAIN Gajah Putih Takengon).

Kemenkes Dorong Pengembangan Industri Obat Tradisional – Sehat Negeriku. (n.d.). Retrieved February 1, 2022, from https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20190820/5431405/kemenkes-dorong-pengembangan-industri-obat-tradisional/

Masyita, D. A., & Yuliati, A. L. (2017). Pengaruh brand ambassador dian sastrowardoyo terhadap brand image produk makeup L’OREAL PARIS (studi pada konsumen L’OREAL kota BANDUNG). Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.26486/JRAMB.V3I1.408

Miftahul Hasanah, et all. (2020). Implementasi Barcode Dan Algoritma Regresi Linear Untuk Memprediksi Data Persediaan Barang. Kreatif Industri Nusantara.

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana.

Pertumbuhan Industri Jamu & Obat Tradisional Tembus 6 Persen pada 2019 - Ekonomi Bisnis.com. (n.d.). Retrieved February 1, 2022, from https://ekonomi.bisnis.com/read/20200116/257/1190879/pertumbuhan-industri-jamu-obat-tradisional-tembus-6-persen-pada-2019

Rifyal Dahlawy Chalil, D. (2020). Brand, Islamic Branding, & Re-Branding “Peran Strategi Merek Dalam Menciptakan Daya Saing Industry Dan Bisnis Global.” Rajawali Press.

Sadat, A. M. (2009). Brand Belief. Salemba Empat.

Salim, Z., & Munadi, E. (2017). Info Komoditi Tanaman Obat. In Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. https://doi.org/10.7748/ldp.5.4.28.s16

Sera, S. (2020). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Sosial. Deepublis Publisher.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Tentang KAMMI | Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia. (n.d.). Retrieved February 1, 2022, from https://www.kammi.id/website/organisasi/detail/4-tentang-kammi

Downloads

Published

2022-06-23

How to Cite

Ainiah, A., Hartika, I., & Fitriana, A. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND ATTITUDE, DAN SERTIFIKASI HALAL TERHADAP BRAND AWARENESS PADA PRODUK HNI (STUDI KASUS DI LEMBAGA KAMMI DAERAH GAYO): Indonesia. Mubeza, 12(1), 8–16. https://doi.org/10.54604/mbz.v12i1.120

Issue

Section

Articles