Pembelajaran Alquran Melalui Metode Ummi

Authors

  • Zulkarnain IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/itg.v9i2.71

Keywords:

Pembelajaran Alquran, Metode Ummi

Abstract

Pembelajaran Alquran yang baik membutuhkan sebuah sistem yang mampu menjamin mutu bahwa setiap anak atau orang yang belajar Alquran, bisa membaca Alquran dengan baik dan benar. Salah satu metode yang tengah berkembang saat ini adalah metode Ummi, sehingga menarik untuk dikaji lebih mendalam lagi. Dalam tulisan ini mendiskripsikan: Pertama, Perencanaan pembelajaran alQur’an metode Ummi berpedoman pada aturan-aturan yang telah ditetapkan Ummi Foundantion seperti menentukan target yang akan dicapai, menentukan durasi pembelajaran, desain posisi pembelajaran, menentukan jumlah siswa dalam kelompok pembelajaran, penerapan model pembelajaran serta melakukan sertifikasi guru Alquran metode Ummi. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran Alquran metode Ummi merujuk kepada tahapan pembelajaran yang telah ditetapkan Ummi Foundantion seperti mengelola kelompok berdasarkan jilid Ummi yang sedang dipelajari, menggunakan media pembelajaran atau alat peraga serta melaksanakan 7 tahapan pembelajaran. Ketiga, Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan cara beragam, yaitu melaksanakan evaluasi hasil pembelajaran berupa evaluasi harian pada setiap akhir jam pelajaran Tahsin Alquran metode Ummi lalu melaksanakan evaluasi kenaikan jilid serta melakukan evaluasi berjenjang sebagai sarana komunikasi dan sarana evaluasi hasil capaian prestasi belajar Tahsin Alquran pelajar.

References

Abdul Majid Khon. 2011. Praktikum Qira`at: Keanehan Bacaan Alquran Qira`at Ashim dari Hafash, (Jakarta: Amzah)

Baharuddim, Dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media).

Didik Hermawan. 2018. Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran.”, Jurnal Studi Islam, Vol. 19, No.1

Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara)

Indah Komsiyah. 2012. Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Teras)

Kementerian Agama RI. 1989. Alquran dan Terjemahnya, (Jakarta, t.p)

Ma’mun Syarif dan Asmaran. 2018. Penerapan Metode Klasik Pada Pembelajaran Alquran Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Banyu Hirang Gambut”, dalam Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol 1, no 1.

Muhaimin dan Abdul Mudjib. 2013. Pemikiran Pendidikan Islam; Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya (Bandung: Triganda Karya)

Muhibbin Syah. 2016. Psikologi Belajar (Jakarta: Rajawali Press)

Nasirudin. 2014. Cerdas Ala Rasulullah: Metode Rasulullah Mencetak Anak Ber-IQ Tinggi, (Jogyakarta: A+Plus Book)

Rif’at Syauqi Nawawi. 2011. Kepribadian Qur’ani, (Jakarta: Imprint Bumi Aksara)

Roeslan Hadi. 1998. Ilmu Pendidikan Agama Islam, (Surabaya: Direktorat Pembinaan Kelembagaan Agama Islam)

Syaiful Bahri Djamarah. 2011. Psikologi Belajar, Edisi Revisi (Jakarta: Renika Cipta)

Siti Sumihatul Ummah dan Abdul Wafi. 2017. Metode-Metode Praktis dan Efektif dalam Mengajar Al-Quran bagi Anak Usia Dini”, dalam JurnalTarbiyah, Vol 2

Slamet. 2010. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya, Edisi Revisi(Jakarta: Rineka Cipta)

Udo Yamin Efendi Majdi. 2007. Quranic Quotient, (Jakarta: QultumMedia)

Ummi Foundation. 2017. Modul Sertifikasi Guru Alquran Metode Ummi, (Surabaya: Ummi Foundation)

Ummi Foundation. http://ummifoundation.org/

Zaini Syahminan. 2011. Wawasan Alquran Tentang Pembangunan Manusia Seutuhnya, (Jakarta: Kalam Mulia)

Zakiyah Daradjat. 2014. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara)

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Zulkarnain, Z. (2022). Pembelajaran Alquran Melalui Metode Ummi. Inteligensia, 6(2), 1–15. https://doi.org/10.54604/itg.v9i2.71