MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
(PENELITIAN PADA YAYASAN AN-NAJAH IHYA AS-SUNNAH, LEMBAGA SALAFI DI ACEH TENGAH)
DOI:
https://doi.org/10.54604/itg.v9i1.385Keywords:
Manajemen Pendidikan Islam, Lembaga SalafiAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya fleksibilitas pemahaman ideologi Salafi yang terjadi dilapangan. Seperti adanya kepemimpinan perempuan, hormat bendera, dan pemajangan lambang negara. Sehingga perlu adanya identifikasi thariqah pendidikan Salafi dengan melihat model manajemen pada sekolah Salafi di Aceh Tengah. Jenis penelitiannya adalah kualitatif/ naturalistik deskriptif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara berkesinambungan melalui pengumpulan data, mengklasifikasi data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model manajemen pendidikan Islam di Yayasan An-Najah Ihya As-Sunnah dapat diklasifikasikan sebagai model manajemen pendidikan Islam formal yang menekankan struktur organisasi hierarkis. Nilai inti pendidikannya adalah nilai akidah, fiqih, adab dan akhlak. (1) Konsep pendidikan Salafi di Yayasan An-Najah Ihya As-Sunnah didasarkan pada manhaj Salafi. (2) Tujuan utama perencanaannya adalah menciptakan individu yang memahami dan mempraktikkan Islam sesuai dengan sunnah. (3) Pengorganisasi pendidikan mencakup pemilihan pemimpin yang komitmen terhadap manhaj Salafi, manajemen sumber daya keuangan, dan kurikulum sesuai manhaj Salafi. Mematuhi regulasi pendidikan yang berlaku di Aceh Tengah. (4) Kepemimpinannya harus memahami manhaj Salafi, menjadi teladan dalam ibadah dan adab akhlak, serta memiliki visi jangka panjang. Pemimpinan perempuan dipertimbangkan apabila darurat dan keterbatasan SDM. (5) Pengawasan mencakup evaluasi dan pemantauan implementasi kurikulum, praktik ibadah, dan adab. Pengawasan juga dilakukan dalam pengajaran, komitmen staf, praktik ibadah, dan adab akhlak. Berdasarkan hasil penelitian maka direkomendasikan kepada ketua yayasan untuk lebih inklusif dalam sosialisasi kegiatan-kegiatan internal dan eksternal. Memperhatikan peran aktif masyarakat dan wali murid untuk berkolaborasi meningkatkan pendidikan di lingkungan yayasan An-Najah.
References
Abdul Aziz bin Baz, A.-S. (2023, October 15). , “فتوى الجامع الكبير”, Tanya Jawab Sheikh Abdul Aziz Bin Baz.
Admin. (2023, October 28). Visi dan Misi An-Najah. https://annajahtakengon.sch.id/smp-boarding-school/
Ahmadi, & Usman, J. (2022). Membaca Gerakan dan Ideologi Salafi di Indonesia. Mozaic: Islamic Studies Journal, 01(01).
Ardiansyah. (2013). Pengaruh Mazhab Hanbali Dan Pemikiran Ibnu Taimiyah Dalam Paham Salafi. Analytica Islamica, 2(2).
Emalia, H. (2023a). Wawancara.
Emalia, H. (2023b). Wawancara.
Fitriana, A. (2023). Wawancara.
Hatira, M. (2023). Wawancara.
Hilal, A. (2023). Wawancara.
Nazlal Firman, R. (2023). Wawancara.
Tim. (2019, July 8). Geliat Penyebaran Hijrah ala Salafi di Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190514213319-20-394907/geliat-penyebaran-hijrah-ala-salafi-di-indonesia
Umar. (2023). Wawancara.
Yusnita, L. (2023). Wawancara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

